[REVIEW] Simple Thinking about Blood Type - Park Dong Sun

Sunday, August 24, 2014

Dalam bergaul di tengah masyarakat, hal yang terpenting adalah mengetahui cara menjalin hubungan dengan orang yang berbeda sifat dan karakter. (Prakata)

Judul: Simple Thinking about Blood Type
Penulis: Park Dong Sun
Penerbit: Penerbit Haru
Tebal: 262 halaman
Rating: ★★★

---

Takdir itu... bukan sesuatu yang diakhiri, tetapi sesuatu yang harus dibuka. Meski salah satu ikatan takdir yang tersisa memberikan beban berat, tetapi tidak boleh mengakhirinya dengan bodoh. (hal. 220)
Di dunia ini ada empat jenis golongan darah, ada A, B, O, dan AB. Golongan darah A hidup secara teratur dan taat peraturan. Peduli dan perhatian terhadap orang lain. Namun sulit beradaptasi dalam lingkungan sosial yang cepat berubah.

Golongan darah B tidak suka mencampuri urusan orang lain, juga tidak suka bekerja atau melakukan sesuatu secara teratur. Jika menyukai sesuatu, maka dia akan melakukannya terus-menerus tanpa memedulikan yang lain.

Golongan darah O memiliki semangat hidup yang sangat kuat. Idealis sekaligus realistis. Suka mengatur orang lain, juga selalu berhati-hati karena melihat orang lain sama kuatnya dengan dirinya.

Golongan darah AB adalah campuran antara sifat golongan darah A yang tenang dan stabil, juga plin-plan seperti sifat golongan darah B. Orang yang realistis, dingin, dan kemampuan bernegosiasinya sangat baik. Kritikus yang berbakat dan pandai memberikan saran. Namun, tidak semua orang suka mendengar sarannya, meskipun semua yang dikatakannya benar. Ia suka mengkritik, padahal dia sendiri tidak pernah melakukan tindakan yang disarankannya.

Pernah kan merasa kecewa terhadap orang lain?
Pernah kan tertusuk oleh “pedang tajam” teman yang dipercaya?
Pernah kan tersakiti oleh teman yang tidak pernah membuka hatinya?
Pernah kan merasa tidak bisa dipahami oleh orang lain?
***

Aku bergolongan darah AB, sedikit banyak (atau mungkin hampir 99%) pernyataan di buku ini ada benarnya. Ayahku juga punya golongan darah AB, tapi setelah dipikir-pikir kok rasanya hanya beberapa saja ya yang cocok dengan beliau? Hihi...

Katanya, AB itu realistis dan dingin, SETUJU. Makanya, nggak heran deh kalau di banyak waktu, aku suka menyendiri di tengah keramaian *tssaaah. Belum lagi, AB ini orangnya suka mengkritik, tepat dengan sifat aku yang begitu, bahkan terlalu cerewet mengomentari perbuatan-perbuatan orang yang lain yang nggak aku sukai.

Satu kata yang diucapkan oleh seseorang yang sedang jatuh cinta, “semakin menyukai seseorang, aku semakin lelah.” (hal. 256)
Simple Thinking about Blood Type ini awalnya dibuat karena banyak junior dan teman-teman Park Dong-Sun yang sering berkumpul, mengobrol bersama, dan membicarakan tentang golongan darah. Terkadang, ada perilaku-perilaku aneh yang dilakukan orang-orang tersebut saat bersama, misalnya pergi meninggalkan tanpa sebab, atau terlalu sibuk tanpa benar-benar peduli pertemuan itu. Ditambah, karena sebelumnya Park Dong-Sun sering membuat komik berupa web toon, akhirnya terbitlah komik yang merupakan hasil pengamatan ini di Korea sana.

Itu... seperti sebuah bekas luka. Tidak mungkin lebih sakit lagi, tetapi setiap kali melihatnya jadi teringat lagi... (hal. 210)
Semua pernyataan di komik ini bisa jadi ada benarnya, boleh lah kamu cocokkan satu per satu dengan sifat teman, saudara, atau orang-orang di sekitarmu. Kita bisa mengetahui sifat seseorang melalui golongan darahnya, baik secara umum maupun kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan masing-masing golongan darah. Berlanjut ke hubungan sosial antargolongan darah, cerita serunya, dan ada Diary Bergambar si Cowok Gila yang aku yakini sebenarnya ini adalah diary ala Park Dong-Sun sendiri, mengingat tokoh Ayah bergolongan darah A, Ibunya B, Hyung-nya A, dan si ‘Cowok Gila’ bergolongan O *lho kok bisa?*

Bisa disimpulkan, kalau golongan darah A itu orangnya teratur, taat, dan patuh. Kalau B sih, ekspresif, bebas, tapi tetap peduli sekitar. Nah, yang O punya semangat tinggi, praktis, tapi seringkali merasa tersaingi. Sementara AB *ehem* orangnya suka mengkritik, realistis, dan mandiri. Tapi, Park Dong-Sun berpesan agar kita nggak seenaknya aja menilai orang berdasarkan golongan darahnya, kadang nggak semua pernyataan di web comic ini benar 100%, yang namanya manusia pasti punya salah, jadi hati-hati juga ya. Dan serial pertamanya ini masih belum cukup lho, nanti kita lanjut ke Simple Thinking about Blood Type 2 ya :D

Aku harap semuanya semakin mencintai seseorang, bisa semakin belajar cara untuk semakin mencintainya. Aku berharap semakin belajar cara untuk lebih banyak memberi. Aku berharap semakin belajar cara untuk lebih mampu mengungkapkannya. (hal. 258)
by.asysyifaahs(◕‿◕✿)

No comments:

Post a Comment

Review di a, Greedy Bibliophile adalah pendapat suka-suka yang sifatnya subjektif dari si empunya blog. Aku berusaha jujur, karena barang siapa jujur sesungguhnya dia masih hidup.

Aku nggak pernah memaksa kamu untuk setuju dengan pendapatku sendiri. Jangan sebel, jangan kesel, kecuali kamu mau itu menjadi beban besar yang berat ditanggung.

Boleh komentar, boleh curhat, boleh baper, tapi jangan promosi jualan obat atau agen judi bola. Tulis dengan bahasa manusia yang sopan dan mudah dimengerti ya.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga ada cerita yang bermanfaat, jangan lupa kuenya boleh dibawa. Asal tulisan aku jangan dicomot seenak udelmu.

tertanda,

yang punya cerita

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
a book blog by @asysyifaahs